Pages

Teamwork

Jumat, 31 Mei 2013



TEAMWORK

Teamwork adalah suatu perkumpulan orang-orang yang saling membantu untuk menyelesaikan satu tujuan. Mendirikan teamwork harus dilakukan dengan cermat dan disiplin, agar kinerja dan hubungan antar anggota dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan dapat segera dicapai. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teamwork adalah:

1.  Fokus dengan tujuan
Teamwork berdiri karena adanya tujuan yang hendak dicapai, oleh karena itu hal pertama yang harus dilakukann dalam pembentukan teamwork adalah penentuan tujuan. Ketika tujuan sudah terbentuk, maka hal selanjutnya adalah fokus dengan tujuan, dengan fokus, maka tujuan yang dimaksud Insya Allah cepat tercapai.

2.       Bagi Peran
Namanya saja teamwork, pasti terdiri atas banyak orang kan, dan tidak mungkin hanya satu atau beberapa orang saja yang berperan dalam teamwork ini, oleh karena itu, kita harus memaksimalkan peran anggota dengan membagi peran, contohnya ada yang menjadi ketua, wakil, bendahara dan sekretaris.

3.       Kepercayaan
Ya, ini adalah faktor yang penting dalam sebuah teamwork. Kita harus saling memercayai anggota teamwork, dan yang terpenting juga, kita harus menjaga kepercayaan orang lain terhadap kita, dengan begitu teamwork akan berjalan lancar tanpa rasa curiga antar anggota kelompok.

4.       Saling dukung
Dalam menempuh tujuan dari teamwork ini, tugas anggota yang satu dan yang lainnya berhubungan dan saling mempengaruhi. Oleh karena itu sesama anggota harus saling mendukung agar tercipta kerjasama yang baik.

5.       Antusias
Contohnya saja, ketika teman teman sekalian ingin menghadiri pentas seni di sekolah. Teman-teman sangat antusias dengan acara tersebut. Apa yang terjadi saat diri kita antusias? Ya, kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi yang terbaik, mengusahakan yang terbaik untuk tujuan tersebut. Begitu juga teamwork, jika semua anggota antusias dengan pekerjaannya, maka tujuan akan lebih mudah dilaksanakan dan hasilnya akan maksimal.

6.       Have Fun
Ya, have fun sajalah, bawa enjoy, masalah dalam teamwork itu sudah biasa, hanya bagaimana cara kita menghadapinya, dengan have fun, masalah akan bisa terselesaikan, dan keadaan dalam teamwork tidak akan terlalu menengangkan.


7.       Saling memberi penghargaan
Setelah kerja keras dari teamwork ini, maka sudah sepantasnya mendapat penghargaan. Penghargaan ini sekaligus menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik di teamworknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS